Nikmati Weekend di Geopark Ciletuh, Ini Rute ke Sana

By Adminjabar 16 Feb 2018, 14:39:04 WIBWisata

Nikmati Weekend di Geopark Ciletuh, Ini Rute ke Sana

Keterangan Gambar : Rehat sejenak menuju Ciletuh Sukabumi


Beritajabar.id, Sukabumi - Geopark Ciletuh sudah menjadi incaran para peturing sejak mulai ngetop sekitar beberapa tahun lalu. Penasaran, seperti apa sih...

Dalam momen liburan panjang yang bertepatan dengan liburan imlek, dimanfaatkan oleh salah satu komunitas mobil KDGI (Komunitas Datsun Go & Go+ Indonesia) melakukan touring ke Ciletuh yang berada di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Tempat  ini menawarkan wisata alam yang lengkap, dan murah dan tidak jauh dari Jakarta.

"Nggak deket-deket amat sih dari Jakarta, tapi bagi yang waktunya sempit, masih bisa lah ‘diraup’ dalam waktu 3 hari 2 malam, pergi Jumat pagi , kembali Minggu malam. Kami bahkan mengeksplornya dalam waktu 3 hari, termasuk ke Sawarna", kata Anton salah satu ketua rombongan KDGI Jackray.

Perjalanan dari Jakarta dengan titik kumpul setelah rest area Ciawi Bogor, rute yang akan dilalui melewati Cibadak - Sukabumi - Pelabuhanratu - Jampang - Geopark Ciletuh. Sengaja lebih pagi perjalanan yang mereka tempuh untuk menghindari kemacetan dan hemat waktu.

Lokasi wisata yang akan ditempuh oleh komunitas KDGI ini rencananya adalah Panenjoan, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Pantai Palangpang, serta Pulau Kunti, Pulau Badak dan Pulau Mandra. 

Penginapan: Rp 100.000 - 200.000 per malam, kapasitas penginapan bisa menampung hingga sekitar  4 - 6 orang. Jika ingin berhemat, tidak ada salahnya bermalam di pantai dengan mendirikan tenda.

"Ya.. rencana kami akan mendirikan tenda di Ciletuh, sebagian yang membawa anak kencil kemungkinan di penginapan, karena letaknya tidak jauh", kata Anton.

Meskipun cukup baik secara kualitas jalan, namun pengendara harus tetap berhati-hati dengan medan jalan yang sulit. Sebab, sepajang perjalanan dari Palabuhanratu menuju Geopark Ciletuh medan jalan menurun dan berkelok-kelok.

Tidak hanya itu, lebar jalan yang tersedia juga pas-pasan. Sehingga, pengemudi harus tetap waspada saat berhadapan dengan kendaraan besar yang melaju dari arah berlawanan. Terkadang harus memperlambat kecepatan saat berpapasan.

Terlepas melalui perjalanan panjang dan melelahkan, disepanjang perjalanan rombongan komunitas ini disuguhi pemandangan asri. Pegunungan, pepohonan besar, hingga persawahan khas pedesaan bisa dinikmati selama perjalanan ke Geopark Ciletuh.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment