Evakuasi Korban Gempa-Tsunami Dihentikan 11 Oktober 2018

By Adminjabar 10 Okt 2018, 22:02:30 WIBDaerah

Evakuasi Korban Gempa-Tsunami Dihentikan 11 Oktober 2018

Keterangan Gambar : Evakuasi Korban Gempa-Tsunami Dihentikan 11 Oktober 2018


Beritajabari.id, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan bahwa proses evakuasi dan pencarian korban, yang terdampak gempa dan tsunami di Palu dan sebagian wilayah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), menurut rencana akan dihentikan pada 11 Oktober 2018.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menerangkan bahwa proses evakuasi akan dihentikan. Hampir semua atau sebagian besar jenazah kondisinya sudah rusak atau sulit dikenali.

"Sesuai dengan standar internasional proses pencarian atau evakuasi korban jiwa yang telah meninggal dunia, maksimal hanya sampai 14 hari, lebih dari itu kebanyakan kondisi jenazah sudah rusak atau sulit dikenali, sehingga rawan menularkan penyakit, jadi evakuasi korban yang tertimbun lumpur di Petobo, Jono Oge serta tertimbun amblesan tanah di Balaroa akan dihentikan tanggal 11 Oktober 2018 mendatang," jelas Sutopo, di Kantor Pusat BNPB, Pramuka, Jakarta Selatan, Selasa (9/10/2018).

Sutopo menjelaskan bahwa penghentian proses evakuasi atau pencarian korban tersebut, akan dilakukan bersamaan dengan selesainya tahap pertama masa tanggap darurat bencana. Menurut Sutopo kemungkinan adanya perpanjangan masa tanggap darurat, bencana tersebut masih akan dibahas lagi tanggal 10 Oktober 2018.

Sementara itu hingga saat ini, total korban jiwa yang dipastikan teridentifikasi meninggal dunia mencapai 2.010 jenazah. Rinciannya dari total 2.010 korban meninggal dunia itu, masing-masing 1.601 orang di Palu, 171 orang di Donggala, 222 orang di Sigi, 15 orang di Parigi Moutong, dan 1 orang di Pasangkayu, Privinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Sutopo menjelaskan dari total sebanyak 2.010 jenazah, sebagian telah dimakamkan secara massal di Tempat Pemakaman Umum (TPU) sebanyak 934 jenazah, sedangkan yang dikebumikan di tempat pemakaman keluarga sebanyak 1.076 jenazah. (bh)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019 - 2024
  1. Joko Widodo - Maruf Amin
  2. Prabowo Subianto - Sandiaga Salahudin Uno

Komentar Terakhir