Catatan Bamsoet : Guratan Pedih Anak Tak Berdosa

By Adminjabar 16 Mei 2018, 20:37:00 WIBSekitar Kita

Catatan Bamsoet : Guratan Pedih Anak Tak Berdosa

Keterangan Gambar : Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo saat menjenguk anak-anak kecil korban kebiadaban orangtua mereka sendiri (Foto : Bamsoet).


Beritajabar.id, Jakarta - Saya kehilangan kata-kata begitu menginjakkan kaki memasuki Ruang ICU Ruham Sakit Bhayangkara di Kantor Polda Jawa Timur. Seorang bocah perempuan berusia 8 tahun tergeletak lemah tak berdaya dengan selang infus di tangan kanannya.

Dada ini bergemuruh, gemeretak gigi tak tertahan, sambil tangan tak terasa mengepal keras seketika. Saya menahan geram saat mengetahui anak tak berdosa ini menjadi korban biadab kedua orangtuanya yang menjadi pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Surabaya, Senin pagi, 14 Mei 2018.

Bocah perempuan ini terlempar saat bom yang dibawa kedua orangtuanya meledak. Dari ledakan dan kepulan asap, mendadak ia berdiri menyibak kepulan asap sambil meringis kesakitan.

AKBP Roni Faisal dengan sigap berlari dan mengangkat bocah kecil tersebut, meraihnya erat, kemudian menggendong bocah malang tersebut menjauh dari titik ledakan. Walau darah terus mengucur deras dari tubuhnya yang mungil, si bocah kecil akhirnya selamat.

Peristiwa penyelamatan anak perempuan di Markas Polrestabes Surabaya inilah yang kemudian beredar viral di media sosial. Walau menjadi korban bom, kepolisian tetap memiliki hati untuk kemanusiaan.

 

 

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Mahfud yang mendampingi saya di Rumah Sakit Bhayangkara mengisahkan kembali, awalnya dua sepeda motor memasuki gerbang Mapolrestabes Surabaya.

Motor pertama dinaiki dua lelaki. Pada motor kedua, seorang lelaki, seorang perempuan dewasa, dan si bocah kecil tadi. Karena masuk jalur mobil (bukan jalur masuk motor), dua kendaraan itu dihadang beberapa petugas untuk pemeriksaan dan diarahkan jalan masuknya.

Namun tiba-tiba bom yang terikat di pinggang ayah dan ibunya meledak. Empat pengendara sepeda motor dinyatakan tewas di tempat, hanya bocah perempuan berinisial AIS inilah yang selamat.

Mereka ternyata satu keluarga, suami, istri, dan tiga anaknya. Astaghfirullah.

Setelah berdialog dengan beberapa anak teroris yang selamat dari aksi bom bunuh diri kedua orangtuanya, saya langsung menggelar rapat tertutup dengan Kapolri dan semua pihak terkait lainnya. Intinya saya memberi dukungan moril dan semangat untuk segera menuntaskan tragedi kemanusiaan ini.

Setelah usai, saya langsung menuju bandar udara, mengejar pesawat yang akan kembali ke Jakarta. Sudah sekian lama duduk di dalam pesawat, hati ini masih belum luntur dari kegeraman. Masih terbayang betapa keji orang tua yang rela mengorbankan anak kecil tak berdosa hanya untuk sebuah pemahaman tak bermoral.

 

Untuk menentramkan hati ini, saya memilih menundukkan kepala dalam sebuah keikhlasan. Terucap pelan dari mulut ini bait demi bait, baris demi baris, doa untuk semua anak kecil, korban teror bom tiga Gereja Surabaya, sampai anak para teroris, korban kebiadaban orangtuanya sendiri, yang sekarang masih hidup dan lemah terbaring di rumah sakit, untuk menjalani kesempatan kedua dalam hidup mereka selanjutnya.

"Ya Allah, berikanlah mereka semua, anak-anak itu, siapapun mereka, kekuatan yang hanya dari pada-Mu saja. Dan sudahilah kebiadaban terorisme ini agar kami bisa memikirkan bagaimana cara mengubah apa yang ditanamkan kepda mereka, dengan memberikan pendidikan dan masa depan bagi mereka....anak-anak teroris, korban kebiadaban yang berhasil diselamatkan." (bh)

Sumber : Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI, 16 Mei 2018.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Favorit Anda?
  TB Hasanudin - Anton Charlian
  Sudrajat - Ahmad Syaikhu
  Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi
  Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum

Komentar Terakhir

  • Grammarly Student Discount

    I have to say, I thought this changed into a pretty interesting read with regards ...

    View Article
  • Nha cai Uy tin

    you have raised an crucial issue..thank you for sharing..I would really like to read ...

    View Article
  • Plafon

    aneh aneh aja orang sekarang, kaya gini bangunanya di bilang dari batu gaib :D, ...

    View Article
  • réplique Rolex

    Maintenant, il aurait pu être simple de claquer une lunette de plongée sur le plus ...

    View Article