Cara Wanita Merawat Organ Intim Dengan Baik dan Benar

By Adminjabar 12 Jul 2018, 06:07:58 WIBKesehatan

Cara Wanita Merawat Organ Intim Dengan Baik dan Benar

Keterangan Gambar : Cara Wanita Merawat Organ Intim Dengan Baik dan Benar


Beritajabar.id, Jakarta - Berbagai macam kesibukan para wanita dapat memicu peningkatan produksi keringat. Misalnya saat olahraga untuk menjaga kesehatan, termasuk yoga, zumba, atau pilihan olahraga lain. Padahal saat berkeringat, area organ intim menjadi lebih lembab, sehingga penting untuk menjaga kebersihan organ intim dengan benar.

Area vagina memiliki lebih banyak bakteri jika dibandingkan bagian tubuh lainnya. Namun, sebagian besar bakteri tersebut adalah bakteri baik, yang berfungsi melindungi vagina dari infeksi sekaligus menjaga keseimbangan pH kemaluan wanita.

Menjaga Kebersihan Organ Intim

Agar keseimbangan pH dan bakteri baik pada vagina tetap terjaga dengan baik, berikut beberapa cara membersihkan organ intim wanita yang harus diperhatikan :

Membilas dengan benar setelah buang air
Setiap habis buang air kecil atau pun buang air besar, biasakan untuk membersihkan vagina dengan benar, yaitu dengan membasuhnya menggunakan air bersih dari arah depan ke belakang. Cara ini dapat mencegah bakteri dari anus masuk ke area intim.

Menghindari penggunaan sabun mengandung parfum
Hindari membersihkan organ intim menggunakan sabun yang mengandung parfum. Penggunaan sabun yang mengandung parfum dapat memengaruhi keseimbangan bakteri normal pada kemaluan, kadar pH, dan mungkin juga bisa menyebabkan iritasi.

Pilihlah sabun yang berbahan lembut, dan memiliki pH seimbang. Penggunaan sabun, hanya untuk pemakaian luar.

Mengeringkan dengan handuk
Setelah membersihkan area intim, jangan lupa untuk mengeringkan dengan handuk bersih atau tisu yang berbahan lembut. Sebab, bakteri dan jamur dapat dengan mudah berkembangbiak pada area yang lembap. Jika menggunakan tisu, pastikan tidak ada serat tisu yang tertinggal dan menempel, karena tisu yang lembap juga dapat menjadi sarana bakteri berkembang biak.

Memilih pakaian dalam yang nyaman
Penggunaan dan perawatan pakaian dalam harus diperhatikan. Lebih dianjurkan untuk menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun. Bahan ini dapat menyerap keringat dengan baik sehingga membantu mengurangi kelembapan berlebih pada organ kewanitaan. Jangan lupa untuk mengganti pakaian dalam, terutama setelah beraktivitas.

Memilih produk untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan seringkali membingungkan, sebab begitu banyak pilihan produk pembersih kewanitaan yang dijual di pasaran.

Meski demikian, tak semua produk pembersih kewanitaan aman digunakan sehari-hari. (bh)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019 - 2024
  1. Joko Widodo - Maruf Amin
  2. Prabowo Subianto - Sandiaga Salahudin Uno

Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Pemesanan Jasa SEO

    Makasih atas informasinya kawan. https://jasaseoweb.net/paket-jasa-seo-tahunan/ ...

    View Article